PotensiWarta

Santri Batang Juarai Lomba Tafsir Alquran Bahasa Inggris Nasional 2018

SANTRIBATANG.COM, Batang – Juara II terbaik Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-27 Cabang Tafsir Alquran Golongan Bahasa Inggris datang dari Muhammad Akhsin dari kontingen Jawa Tengah, santri asal Batang, Jumat (12/10/2018).
Akhsin meraih total nilai 194,33 mengalahkan Riau yang meraih nilai 191,33 dan ketiga peserta lainnya dari Jawa Timur, Jawa Barat dan Aceh.
Santri Batang Juarai Lomba Tafsir Alquran
Muhammad Akhsin Peraih Juara II Lomba Tafsir Bahasa Anggris asal Batang bersama Kanwil Jawa Tengah saat penjemputannya di Bandara Ahmad Yani, Semarang
Dibandingkan dengan cabang perlombaan yang lain, perlombaan Tafsir Alquran Golongan Bahasa Inggris ini menjadi ajang paling bergengsi dibanding dengan cabang yang lain. Pasalnya selain kemampuan dalam menjelaskan kandungan ayat  Alquran ke dalam Bahasa Inggris peserta juga dituntut untuk hafal Alquran 30 juz. Hal inilah yang menjadikan cabang tafsir baik dari Bahasa Arab maupun Inggris menjadi ajang yang bergengsi dalam MTQN  ini. Hal ini seperti yang telah diutarakan Akhsin kepada Redaktur santribatang.com pada Kamis (18/10/2018). “Lomba ini lebih sulit dari beberapa cabang yang lain karena selain dituntut paham kandungan ayatnya peserta lomba juga harus hafal Alquran”, ungkap putra asli Batang tersebut.
Sebelumnya Akhsin juga sempat mengikuti Cabang Tafsir Bahasa Inggris pada periode 2016 namun hanya sampai babak final dan berhasil meraih peringkat ke-18 di NTB. Namun kegagalannya di tahun tersebut lantas tak membuat santri yang pernah mengenyam Pendidikan di AfrikaSelatan tersebut putus asa.
Kesempatan datang berikutnya pada MTQN ke-27. Ia diundang langsung oleh Kanwil Jawa Tengah untuk mewakili Jawa Tengah dalam perlombaan tersebut di Medan, Sumatera Utara. Peserta satu-satunya yang berasal dari Batang tersebut ingin membuktikan bahwa putra-putri Batang bisa meraih kejuaraan. “ Kita harus membuktikan bahwa kita putra daerah Batang bisa mengharumkan Batang dengan prestasi”, papar Akhsin.
Lomba MTQN ke-27 berlangsung dari 6-13/10/2018. Perlombaan nasional ini dihadiri oleh kontingen dari beberapa provinsi dan tamu-tamu dari 38 kedutaan negara-negara sahabat. Sebagai Pembuka, acara ini dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo dan ditutup oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla di Astaka Utama Gedung Serbaguna, Medan. [AJU]

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *